PROFIL PSP BIOLOGI

 

  1. Identitas Program Studi

Nama         : Program Studi Pendidikan Biologi ( S1)

Izin            : Nomor SK Pendirian PS 091/0/1982, Tanggal SK pendirian 8 Maret 1982, Pejabat Penandatangan SK Pendirian Dr. Daoed Joesoef, bulan dan tahun dimulainya penyelenggaraan maret 1982 Nomor SK Izin Operasional : 1380/T/K-VIII/2009. Tanggal SK Izin Operasional 11 Maret 2009.

Akreditasi : B, S.K. BAN-PT No. 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014,sejak tanggal 08 Desember 2014 sampai dengan 07 Desember 2019 dengan nilai 310.

Deskripsi   : Prodi Pendidikan Biologi menyelenggarakan pendidikan biologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap lingkungan dan sosial budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi juga dibekali keterampilan kewirausahaan (bioenterpreneurship), serta pengelolaan bidang pendidikan.

  1. Visi :

Menjadi Program Studi Yang Mampu Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi Yang Bermutu Dan Berbudaya.

     

     3. Misi :

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Yang Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Bermutu dan Berbudaya,
  2. Melaksanakan Penelitian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Yang Bermutu dan Berbudaya Sesuai Dengan Kebutuhan Pembangunan Berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Yang Bermutu dan Berbudaya Untuk Menyukseskan Pembangunan Berkelanjutan.
  4. Tujuan :

    1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi Yang Bermutu dan Berbudaya
    2. Menghasilkan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Yang Bermutu dan Berbudaya Sesuai Dengan Kebutuhan Pembangunan Berkelanjutan.
    3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi Yang Mampu Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Bermutu dan Berbudaya Sesuai Dengan Kebutuhan Pembangunan Berkelanjutan.
  1. Profil Lulusan Prodi Pendidikan Biologi (S1)

Profil Deskripsi Profil

Pendidik Biologi yang mempunyai kemampuan kerja, pengetahuan/keilmuan, dan kemampuan manajerial di bidang IPTEK dan IMTAQ.

Memiliki kompetensi merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi yang kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan biologi dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila,  mengevaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pendidikan yang mendidik, serta melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan keilmuan biologi, teori-teori belajar terkini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lingkungan siswa dan sekolah.

Peneliti bidang pendidikan Biologi yang mempunyai kemampuan kerja (Fasilitator Pembelajaran Transformatif), pengetahuan /keilmuan, dan kemampuan manajerial

Memiliki kepekaan terhadap permasalahan pendidikan biologi di lingkup kelas, sekolah, dan nasional serta mampu memilih pemecahan masalah menggunakan prinsip dan prosedur penelitian yang rasional, baik secara mandiri maupun kelompok, mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan

Wirausahawan bidang kependidikan

 

Berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan kependidikan seperti menghasilkan bahan ajar, dan media pendidikan, dll.

Pengelola lembaga/ satuan pendidikan

 

Pengelola lembaga/satuan pendidikan yang berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, memiliki jiwa kepemimpinan serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti bidang manajemen, administrasi pendidikan dan kurikulum

 

  1. Fasilitas

Program Studi Pendidikan Biologi di lengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya :

  • Ruangan Kuliah yang Refresentatif
  • Lab Biologi
  • Lab Kimia
  • Lab Fisika
  • Lab Komputer dan Multimedia
  • Lab Micro-Teaching
  • Lab Bahasa
  • Perpustakaan
  • Rung Baca
  • Internet/Free Wifi

Program Studi Pendidikan Biologi memiliki 10 orang tenaga pengajar dengan kualifikasi sebagai berikut :

Kualifikasi

Jumlah

Guru Besar (Profesor)

1 orang

Doktor

1 orang

Strata 2  (Magister)

8  orang

Program Studi Pendidikan Biologi juga di bantu oleh 2 orang Dosen Honor  (Dosen tidak tetap)

  1. Kontak

Kampus Kamboja      : Jln. Kamboja  No 11 A  Kreneng-Denpasar (Kantor)

Kampus Soka             : Jln. Soka  No 47  Kesiman-Denpasar (Tempat Perkuliahan)

Telepon                      : (0361) 240985

Email                          : [email protected]

Website                       : –