Pekan Hardiknas FKIP Unmas Denpasar 2017

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei merupakan sebuah momentum bagi FKIP Unmas Denpasar untuk merefleksikan kembali perjuangan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Dekanat FKIP Unmas Denpasar periode 2017-2021 berkomitmen untuk kembali menggelorakan semangat hari pendidikan nasional melalui Pekan Hardiknas I (Hari Pendidikan Nasional). Pada tahun 2017 ini FKIP Unmas Denpasar memperingati Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan yang menarik. Kegiatan dalam Pekan Hardiknas I antara lain: Jalan Santai dan Lomba-lomba, Kuliah Umum, Seminar Nasional dan Lomba Cerdas Cermat.
Kegiatan Jalan Santai dan Lomba-lomba dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Mei 2017. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar FKIP Unmas Denpasar yang meliputi dosen, pegawai dan mahasiswa. Jalan santai juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari BanSomdejchaopraya Rajabhat University, Bangkok yang sedang mengikuti ‘Cultural and Language Exchange Program’ di Unmas Denpasar. Jalan santai tersebut dibuka oleh bapak Dekan FKIP Unmas Denpasar yang bertempat di lapangan Kampus Soka Unmas Denpasar pukul 06.00 Wita. Jalur yang ditempuh adalah Jalan Waribang menuju Padang Galak dan kembali lagi menuju kampus soka. Tidak hanya sekedar berjalan santai, peserta juga diarahkan untuk memungut sampah plastik yang mereka temukan dijalanan sekitar jalur jalan santai untuk dikumpulkan dan kemudian akan diberikan hadiah untuk kelompok yang dapat mengumpulkan sampah plastik terbanyak. Setelah seluruh peserta kembali ke kampus soka, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang sangat menarik diantaranya lomba tarik tambang, lomba balap kelereng, lomba hulahup, dan lain sebagainya. Para peserta dengan semangat mengikuti lomba-lomba tersebut. Di akhir acara dilaksanakan pengundian doorprize yang telah disiapkan oleh panitia. Dari hadiah berupa kipas angin sampai dengan hadiah utama yaitu satu unit sepeda gunung yang dimenangkan oleh KPS Pendidikan Sejarah.
Di hari yang sama, Rabu 3 Mei 2017 juga diselenggarakan kuliah umum yang diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan FKIP Unmas Denpasar yang bertempat di Gedung Widyasaba Kampus Soka dengan pemateri yaitu Dr. Hadi Suwono, M.Si dari Universitas Negeri Malang. Adapun materi yang disampaikan adalah ‘KPT KKNI’. Materi ini diambil karena FKIP memang sudah mulai menerapkan KPT KKNI yang dimulai pada tahun akademik 2016/2017. Dalam materi yang disampaikan, beliau mengulas banyak hal terkait penyusunan dan implementasi KKNI di perguruan tinggi. Kuliah umum ini dibuka langsung oleh Bapak Rektor Unmas Denpasar. Acara yang diikuti oleh seluruh dosen FKIP Unmas Denpasar berlangsung dengan lancar dan mampu memberikan ilmu tambahan kepada para dosen.
Pekan Hardiknas pertama juga dirangkai dengan pelaksanakaan Seminar Nasional (Semnas) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Mei 2017 di Nikki Hotel yang dimulai pukul 08.00 Wita. Seminar ini bertema “Melalui Semnas Kita Tingkatkan Pemahaman K13 Menuju Pendidikan Karakter’’. Seminar tersebut bertujuan untuk  mempersiapkan calon guru yang berkualitas dan berkarakter dalam mendukung program kerja pemerintah, memberikan pemahaman tentang pengembangan kurikulum 2013 di kalangan mahasiswa dan meningkatkan kemampuan mahasiswa calon pendidik sebagai tulang punggung pelaksana  proses pendidikan di SMP dan SMA/SMK atau sederajat. Adapun pemateri di dalam seminar ini yaitu Dr. Hadi Suwono, M.Si  (Universitas Negeri Malang) yang membawakan materi dengan tema Pemahaman K13, Drs. I Wayan Susila, M.Pd. (Disdikpora Provinsi Bali) dengan materi Aplikasi K13 di Sekolah dan yang terakhir  Prof. Dr. Wayan Maba (FKIP Unmas Denpasar) dengan materi PKG Menuju MDG. Peserta seminar datang dari berbagai kalangan yaitu mahasiswa, dosen, LPTK se-Bali dan kalangan umum yang berjumlah total 320 peserta.
Kegiatan Terakhir dalam rangka memeriahkan Pekan Hardiknas I ini diakhiri dengan kegiatan Lomba Cerdas-Cermat yang dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Mei 2017 bertempat di Kampus Soka. Peserta dalam lomba cerdas cermat kali ini adalah perwakilan program studi di lingkungan Unmas Denpasar yang berjumlah 13 program studi. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam bidang pengetahuan umum dan untuk meningkatkan hubungan baik antar program studi dan fakultas di lingkungan Unmas Denpasar. Seluruh rangkaian acara dalam rangka memeriahkan pecan Hardiknas I ini ditutup oleh bapak Wakil Dekan III FKIP Unmas Denpasar yang ditutup pada hari yang sama.
Rangkaian kegiatan Pekan Hardiknas I diharapkan mampu mengembalikan semangat pendidikan nasional untuk melahirkan manusia seutuhnya. Melalui Pekan Hardiknas I, FKIP Unmas Denpasar juga mengharapkan seluruh civitas akademika FKIP Unmas Denpasar saling bahu membahu dalam mewujudkan Visi dan Misi FKIP Unmas Denpasar. Di samping itu, mahasisiwa melalui BEM FKIP Unmas Denpasar diharapkan mendapatkan tambahan soft skill dan hard skill dalam mengelolah kegiatan sejenis.
Bravo FKIP Unmas Denpasar

You may also like...