PENDAHULUAN

Perkembangan Universitas Mahasaraswati Denpasar berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)Saraswati dengan membina 2 (dua) jurusan yaitu : Sejarah Anthropologi dan Bahasa Inggris oleh Yayasan PR. Saraswati, kemudian disusul pendirian ABA Saraswati dengan satu jurusan yaitu Bahasa Inggris.

Pada tahun 1979 IKIP yang pernah ada aktif kembali setelah beberapa lama tidak melakukan kegiatan karena situasi politik (G. 30s PKI tahun 1965) dengan membuka Fakultas Sastra dan Seni Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Fakultas Keguruan, Jurusan Matematika dan Ilmu Hayat. Selanjutnya berdasarkan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 691/0/1982 diadakan penggabungan IKIP Saraswati dengan ABA Saraswati dan diintegrasikan ke dalam Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta fakultas lainnya.

Selanjutnya dengan keluarnya SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0603/0/1984, tanggal 29 November1984, IKIP dibagi menjadi Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), kemudian berdasarkan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0358/0/1986, FKg dan FIP digabung kembali menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sampai sekarang yang terdiri dari jurusan/program studi sbb :

  1. Program Studi Pendidikan Sejarah, Status Terakreditasi.
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Status Terakreditasi.
  3. Program Studi Bahasa Inggris, Status Terakreditasi.
  4. Program Studi Pendidikan Matematika, Status Terakreditasi.
  5. Program Studi Pendidikan Biologi, Status Terakreditasi.