S1 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
“Mengembangkan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan pada prinsip collaborative learning yang didukung dengan Information and Communication Technology (ICT)”
Visi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
Collaborative Learning, merupakan suatu pendekatan instruksional yang memberikan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan akademik bersama. Implementasi pembelajaran berlandaskan prinsip collaborative learning direalisasikan dalam bentuk kolaborasi antar mahasiswa, antar dosen/pakar, antar lembaga ataupun instansi di luar lembaga melalui program MBKM. Dengan kolaborasi tersebut mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam pemecahan masalah pembelajaran untuk mencapai visi keilmuan secara optimal.
Information and Communication Technology (ICT) atau yang lebih dikenal dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sistem pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana dalam pembelajaran. Implementasi penggunaan ICT dalam pembelajaran memberikan peluang terjadinya interaksi antara dosen/pakar dan mahasiswa, antar mahasiswa, antara mahasiswa dan sumber-sumber belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Selain itu, dengan bantuan ICT proses penyampaian dan penyajian materi pembelajaran maupun gagasan dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
S1 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Tujuan PS PBSI adalah sebagai berikut.
Menghasilkan pendidik pemula yang kompetitif dan adaptif dalam memadukan teknologi informasi dan komunikasi serta pedagogi dalam rangka mengembangkan konten ilmu pengetahuan untuk pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
Menghasilkan peneliti pemula yang mampu memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi melalui kegiatan penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
Menghasilkan wirausahawan yang berkontribusi secara aktif dalam merintis wirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan.
S1 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Strategi pencapaian tujuan PS PBSI adalah sebagai berikut.
Pemutahiran kurikulum dan rekonstruksi penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Capain Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dielaborasi dalam bentuk CPMK dan sub-CPMK;
Meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis integrasi hasil riset dan PkM;
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan berbasis ICT;
Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dalam implementasi tridharma;
Meningkatkan jumlah penelitian dan PkM DTPS dengan memanfaatkan jaringan kerjasama dengan pemerintah, dunia kerja dan lembaga lainnya;
Meningkatkan pelibatan mahasiswa dalam penelitian dan PkM DTPS;
Meningkatkan publikasi ilmiah DTPS yang dihasilkan secara mandiri atau bersama mahasiswa;
Meningkatkan keahlian, keterampilan, dan inovasi mahasiswa dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia melalui berbagai pelatihan hard skill dan soft skill dengan lembaga/industry;
Meningkatkan luaran penelitian/PkM lain yang dihasilkan DTPS baik secara mandiri atau bersama mahasiswa;
Melibatkan alumni dalam kegiatan akdemik dan nonkademik.