S1 Pendidikan Biologi

Visi Keilmuan Program Studi

“Mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Kontekstual yang inovatif, bermutu, dan berlandaskan kearifan lokal”

Makna Visi Keilmuan

  • a

    Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Kontekstual : pendidikan dan pembelajaran yang mampu mendorong mahasiswa untuk mengkaitkan materi dan konsep biologi dalam pembelajaran dengan potensi lingkungan sekitar beserta penerapannya. Dengan demikian, pendidikan dan pembelajaran ini akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna (meaningfull learning).

  • b

    Inovatif : mengacu pada pemanfaatan model pembelajaran, media belajar, strategi belajar, maupun teknologi pembelajaran terkini yang mampu untuk mendorong mahasiswa untuk mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya di dalam pembelajaran.

  • c

    Bermutu : mengacu kepada pelaksanaan Tri Dhama Perguruan Tinggi yang selalu berpedoman pada yaitu Permendikbud Nomer 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

  • d

    Kearifan Lokal : mengacu kepada identitas atau kepribadian budaya nusantara untuk mendukung pembelajaran berbasis multikultural dan kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal budaya nusantara dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

S1 Pendidikan Biologi

Tujuan Program Studi

  • a

    Menghasilkan calon guru biologi yang memiliki kompetensi merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi yang kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan biologi dan pembelajarannya, mengevaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pendidikan yang mendidik, serta melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan keilmuan biologi, teori-teori belajar terkini, dan lingkungan peserta didik.

  • b

    Menghasilkan asisten peneliti di bidang biologi yang memiliki kepekaan terhadap permasalahan pendidikan biologi di lingkup kelas, sekolah, dan nasional serta mampu memilih pemecahan masalah menggunakan prinsip dan prosedur penelitian yang rasional, baik secara mandiri maupun kelompok, mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan

  • c

    Menghasilkan wirausaha dalam bidang biologi yang berusaha secara mandiri maupun secara kolaboratif menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan kependidikan seperti menghasilkan bahan ajar, media pendidikan, dan yang berhubungan dengan biologi (Teknologi tepat guna, Ekowisata, Pemandu wisata Alam, dan lain-lain)

  • d

    Menghasilkan pengelola lembaga/satuan pendidikan baik formal maupun non formal (lembaga bimbingan belajar) dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, memiliki jiwa kepemimpinan serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

S1 Pendidikan Biologi

Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi

  • a

    Merumuskan CPL Pembelajaran yang sesuai dengan profil lulusan yaitu pengelola lembaga pendidikan, pendidik biologi, biodeupreunership, dan peneliti biologi;

  • b

    Meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas maupun di laboratorium yang mengembangkan etika ilmiah dan karakter kebangsaan khususnya karakter kearifan lokal “Sagilik-Saguluk Salunglung Sabayantaka, Paras-Paros Sarpanaya”;

  • c

    Meningkatkan kompetensi calon pendidik biologi yang profesional melalui pembelajaran inovatif yang kontekstual dan berbasis budaya local;

  • d

    Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat serta integrasinya dalam pembelajaran termasuk publikasi berstandar internasional;

  • e

    Meningkatkan daya saing mahasiswa dan dosen di bidang ICT yang relevan dengan isu pembelajaran abad 21 melalui Program MBKM;

  • f

    Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan biopreneurship dan penelitian kependidikan biologi melalui kolaborasi lokal, nasional, dan internasional.