FKIP UNMAS DENPASAR RESMI SEBAGAI PENYELENGGARA PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar telah resmi mendapatkan izin pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 210/E/O/2023 pada tanggal 22 Fberuari 2023. Terdapat lima (5) bidang studi pada Program Studi PPG FKIP Unmas Denpasar, yaitu bidang studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Sejarah.

.

PPG adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang tujuannya untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki keahlian khusus (kompetensi) yang harus dimiliki oleh seorang guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun. Tujuan dari PPG adalah untuk menjadikan guru sebagai pembelajar mandiri, inovatif, agen perubahan, berkompetensi unggul dalam pendidikan profesi baik di tingkat nasional maupun internasional yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

.

Sebagai tindak lanjut dari izin tersebut, FKIP Unmas Denpasar telah melaksanakan Workshop Pengelolaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru dan Pengembangan Income Generating Unit FKIP Unmas Denpasar pada Jumat, 17 Maret 2023 yang diikuti oleh seluruh Dosen dan Pegawai FKIP Unmas Denpasar. Workshop ini begitu penting dalam menyambut penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru Pra-Jabatan (PPG Pra-Jabatan) dan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Dalam Jabatan). Narasumber workshop tersebut adalah Dr. Agusti G. Tamrin, M.Pd., M.Si (Kepala Program Studi PPG FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta). Agusti G. Tamrin menyatakan bahwa saat ini tantangan utama yang dihadapi oleh guru yaitu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan menyesuaikan pada perubahan zaman. “PPG sangat penting untuk melahirkan guru-guru berkualitas. Selamat untuk FKIP Unmas Denpasar”, imbuhnya.