Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris
Mampu menunjukkan kepribadian yang berakhlak dan berintegritas serta menghargai keanekaragaman budaya bangsa. (Being able to show good personality and integrity and respect the cultural diversity of the nation.)
Mampu menunjukkan perilaku yang berlandasakan norma, hukum serta nilai-nilai pancasila dan budaya bangsa dalam meningkatkan mutu kehidupan bernegara. (Being able to show good behavior based on norms, laws and values of Pancasila and the nation's culture in improving the quality of state life.)
Mampu menunjukkan perilaku bertanggungjawab, pantang menyerah, kooperatif, peka dan peduli terhadap isu-isu sosial masyarakat dan lingkungan serta belajar sepanjang hayat dan adaptif terhadap perubahan. (Being able to show responsible behavior, never give up, cooperative, sensitive and concerned about social and environmental issues as well as lifelong learning and adaptive to change.)
Mampu menguasai konsep dan prinsip teoritis untuk merencanakan dan merumuskan pemecahan masalah prosedural untuk proses pembelajaran dan penelitian di bidang pembelajaran bahasa. (Being able to master theoretical concepts and principles to plan and formulate procedural problem solving for the learning process and research in the field of language learning.)
Mampu menerapkan prinsip model pembelajaran dan pengembangan perangkat penilaian pembelajaran untuk jenjang sekolah dasar, SMP dan SMA/SMK atau sederajat, dan pendidikan tinggi. (Being able to apply the principles of learning models and development of learning assessment tools for elementary, junior high and high school / vocational school or equivalent levels, and higher education.)
Mampu mengkaji implikasi pengembangan implementasi bidang pendidikan yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai budaya yang sesuai dengan bidang keahliannya secara logis, kritis, dan inovatif. (Being able to examine the implications of developing implementation in the field of education that concerns and applies cultural values in accordance with their field of expertise logically, critically, and innovatively.)
Mampu mengelola pembelajaraan secara mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan bidang keahliannya. (Being able to manage learning independently, qualified, and measurable in accordance with the field of expertise.)
Mampu menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara profesional dan bertanggung jawab serta mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah berdasarkan isu-isu terkini, kajian analisis informasi dan data. (Being able to compose and communicate ideas, thoughts and scientific arguments professionally and responsibly, and make decisions in the context of solving problems based on current issues, information and data analysis studies.)
Mampu membangun dan mengelola lapangan pekerjaan serta mengembangakan jaringan kerja dan menerapkan kemampuan bekerja sama dengan membangun komunikasi efektif dan evaluasi terhadap kelompok kerja untuk mencapai hasil kerja kelompok pada kegiatan pembelajaran. (Being able to create and manage job opportunity and develop networks and apply the ability to work together by building effective communication and evaluation of working groups to achieve group work results in learning activities.)
Mampu melakukan penelitian dan publikasi ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan sesuai dengan kaidah-kaidah metode ilmiah dan etika akademik. (Being able to conduct research and scientific publications and community service in the field of education in accordance with the principles of the scientific method and academic ethics.)
Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan kajian dan pengembangan materi, metode, strategi, dan penilaian dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu sesuai standar proses dan mutu. (Being able to plan, implement, manage, evaluate learning, research, and development in terms of materials, methods, strategies, and assessment in the context of learning English as a foreign language and English for specific purposes (English for Specific Purposes) according to process and quality standards.)
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. (Being able to plan and manage resources in the administration of classes, schools, and educational institutions of their responsibility, and evaluate their activities comprehensively.)
Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan mutu pendidikan dan penelitian dan menciptakan lapangan kerja dalam bidang pendidikan bahasa Inggris. (Being able to apply science and information and communication technology in developing the quality of education and research and creating jobs in the field of English language education.)